Selasa, 15 Januari 2013

lapis kojo

ini salah satu makanan khas dari daerahku sumatera selatan klo di palembangnya namanya bolu kojo
klo di tempatku pagar alam,lahat namanya juada basah
warna hijau menggoda dengan aroma pandan yang khas,karena terbuat dari campuran daun pandan dan suji (berhubung dimari nyari daun pandan n suji susyeh jadi aku pake pasta pandan aja hehee)
teksturnya lembut membelai lidah
biasanya sih gak dilapis-lapis bikinnya,hanya saja kali ini pengen beda aja
jadilah lapis kojo,tapi sayang lapisannya tak nampak jelas, kayaknya kurang coklat deh manggangnya udah di timpa sama adonan berikutnya,tapi soal rasa ehmmm..sedaap

sumber resep dari nova,dengan modifikasi disana sini

lapis kojo
bahan
20 butir telur ayam (resep asli pake 10 butir telor bebek + 10 butir telor ayam )
600 gr gula pasir
1100 ml santan dari 2 butir kelapa (resep asli 1 liter santan + 100 ml air pandan suji )
200 gr tepung terigu
pasta pandan secukupnya

cara membuat
panaskan oven pada suhu 180 derajat celcius
siapkan loyang kotak,yang sudah dialas kertas roti dan dioles sedikit margarin.
sisihkan

kocok gula dan telur sampai mngembang
masukan santan sedikit demi sedikit,masukan terigu aduk perlahan sampai rata
masukan pasta pandan.
ambil sekitar 150-200 ml adonan panggang dengan api atas dan bawah sekitar 10 menit atau sampai permukaan adonan menjadi coklat
lalu tambahkan lagi 200 ml adonan berikutnya
panggang dengan api atas saja (api bawahnya dimatikan )
lakukan sampai adonan habis

panggang lagi dengan api bawah sekitar 30-35 menit atau sampai kuenya matang .
angkat dan dinginkan
potong2 setelah benar2 dingin
sajikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar