Rabu, 30 Mei 2012

rainbow cake

senengnya akhirnya bisa ikutan juga bikin sirainbow yang lagi hebohh dimana-mana
ternyata tak sesulit yang dibayangkan hanya sedikit lebih ribet dari cake biasa
mesti bagi adonannya dengan sama rata biar tiap lapisannya punya ketebalan yang sama.
mesti sabar dan telaten.
apa lagi kalo udah kelar semuanya sabarrrr,sabarrrr....
cucian piringnya jadi 2 kali lipat bnyaknya , dibanding bikin cake biasa
pantes nie kue lumayan mihil boww......hehee...
aku bikin versi kukus,cakenya lembut banget
butter creamnya bikin sendiri,enak ga enegdan pasti halal kalo beli jadi biasanya ada rhumnya
ditambahin keju yang banyak so yummy...

hayuuuk yang belom nyobain cake yang lagi booming segera dicoba
sebelum ketinggalan hehee
kalo ga mau ribet pesen aja ke aku ^_~

bakwan jagung

biasanya bikin ini buat teman sayur bening,tapi keseringan dijadiin cemilan aja
sama suami dan jagoanku
abisnya enakkk sih hehee....
bikinnya gampang banget...

bahan
2 buah jagu manis iris-iris
3-4 batang daun bawang iris-iris
2-3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
1/4 sdt merica
100 gr tepung terigu
1 butir telur
garam secukupnya
air secukupnya

cara membuat
aduk semua bahan sampai tercampur rata
goreng dengan minyak panas dan pake api kecil aja tar klo api besar luarnya gosong  dalemnya blom mateng
goreng sampai kuning kecoklatan
angkat
sajikan (pake cabe rawit enakk banget )  ^_^



Minggu, 27 Mei 2012

cah kapri jamur

seperti biasa resep ini resep cemplang-cemplung ga pake takaran pake feeling aja ..
tapi kayaknya semua orang bisa bikin deh karena sangat2 simple sekali,bahan2nya pun gampang didapat
jadi aku tuylis garis besarnya aja ya ^_^

bahan
bawang bombay
bawang putih
kapri pilih yang muda potong ujung2nya
wortel potong memanjang
jamur kancing
saos tiram
kaldu bubuk secukupnya
garam secukupnya

cara membuat
didihkan air didalam panci setelah mendidih rebus wortel dan kapri sebentar saja
angkat kemudian masukan kewadah berisi air dingin.
(ini gunanya menjaga tekstur sayurnya tetap krenyes2 ketika dimakan,ini namanya dblansir kalo ga salah ya)
tumis bawang bombay dan bawang pitih sampai harum
masukan jamur tumis sebentar,masukan sayuran
tambahkan saos tiram,dan kaldu bubuk,dan garam sesuaikan rasa
masak sebentar
angkat
sajikan :)

Sabtu, 26 Mei 2012

muffin tape keju

                                                                                                                                                            spesial buat misua yang baru pulang diklat,bingung mau bikin apa
kebetulan pas siang2 tukang tape lewat ya udah beli tape.
karena udah lama juga pengen bikin si muffin ini baru kesampean deh
alhamdulillah suamiku suka ^_^

resepnya pake resep NCC lagi,tapi ada yang diotak atik sedikit ...

MUFFIN TAPE KEJU
Recipe by: Fatmah Bahalwan

Bahan:8 btr kuning telur
6 btr putih telur
250 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
250 gr mentega/margarine (aku pake margarin,karena stoknya cuma ada itu)
400 gr tape singkong --
(aku tambah jadi 500gr)
2 sdm SKM -- (aku tambah adi 4 sdm)
25 gr keju cheddar, parut. -- (aku tambah jadi 130 gr keju cheddar,50 gr dicampur dlm adonan,sisanya buat taburan)

Cara membuat:
Haluskan tape, buang seratnya, beri susu kental manis, aduk rata, sisihkan.

Kocok gula pasir dan mentega hingga pucat, masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok hingga rata.

Masukkan tape halus, aduk rata, masukkan tepung terigu, aduk rata,sisihkan.

Kocok putih telur hingga kaku, tuang kedalam adonan mentega secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
Siapkan loyang muffin, beri kertas mangkuk, tuangi adonan hingga ¾ penuh, taburi keju parut. Panggang dalam oven hingga matang. Suhu 180’C selama lk. 30 menit.

Kamis, 24 Mei 2012

menu simple dan enak

mujair ikan yang paling sering dibeli selain ikan patin
karena misua lebih suka ikan sungai dibanding ikan laut. ya jadilah kalo masak ikan ya itu-itu aja jenisnya
gurame sesekali aja soale mahall boww...
ikan mas banyak durinya udah males duluan,...

kali ini mujairnya dipanggang pake double pan sebetulnya enakan pake bara api,berhubung ga ada tempat tuk bikin api jadilah seadanya aja tapi rasanya ga kalah enak (menurutku lho ya :)
temennya tumis selada air,kalo ini favoritku hehee..
diapain aja enak deh pokoknya.
plus sambel terasi hadohh...hadohh bisa tambah bengkak nie hahahaa...

nah ini dia buat yang mau nyoba bikin di rumah 

mujair panggang/ bakar 

bahan
1 ekor ikan mujair  berat 250 gr
lumuri dengan air jeruk nipis diamkan kurang lebih selama 10-15 menit
cuci bersih
bumbu
3 siung bawang putih + 1 ruas jari kunyit haluskan
garam secukupnya
lumuri ikan dengan bumbu diamkan 10-15 menit sampai bumbu meresap
sipakan minyak
goreng ikan sampai garing,angkat...
panggang / bakar pake  doubel pan kalo ga ada pake wajan teflon juga oke ,olesi dengan mentega dan kecap sampai meresap
angkat

tumis selada air
bahan
2 ikat selada air bersihkan
3 siung bawang putih iris tipis
4 -5 butir bawang merah iris tipis
2 buah cabe merah iris serong
saos tiram secukupnya
kaldu bubuk secukupnya (optional)
minyak untuk menumis

cara membuat
tumis bawang merah+ bawang putih sampai harum masukan cabe merah tumis lagi sebentar
masukan selada air aduk rata
masukan saos tiram dan kaldu bubuk
masak sampai layu .
angkat

sambel terasi
bikin sesuai selera masing2 aja ya hehee....

puding jagung karamel

ini salah satu isian buat snack box kemaren,resepnya dari tabloid saji
bahan A
400 ml air
75 gr gula pasir
25 gr gula merah sisir
1/8 sdt garam
1 sdt agar2 bubuk
1 sdt jeli instan 1/2 sdt selasih,direndam (aku ga pake)
100 gr apel parut (ini aku ganti jagung manis )

bahan karamel
100 gr gula pasir
75 ml air


bahan B
300 gr susu cair
75 gr gula pasir
1/2 sdm tepung maizena larutkan dengan sedikit air
1/2 sdt agar2 bubuk
1 kuning telur


cara membuat
karamel:gosongkan gula pasir.tuang airaduk sampai gula larut

bahanA
rebus air,gula pasir,gula merah,garam,agar2,jeli instan dan karamelsambil diaduk sampai mendidih
masukan jagung dan apel (jagung) dan selasihaduk rata
tuang d cetakan biarkan setengah beku


bahan B
rebus susu cair,gula pasir,tepung maizenadan agar2 sambil diaduk sampai mendidih
kecilkan api,
ambil sedikit adonan tuang kedalam kuning telur,aduk rata.
tuang kembali kedalam campuran susu masak lagi sebentar.
tuang diatas bahan A
bekukan

jadi deh ^-^

Rabu, 23 Mei 2012

( orderan:lagi ) semar mendem,amris,dan sus buah



ini orderan temen kantor misua buat aqiqah putri pertamanya

semar mendem
sus buah
amris

Sabtu, 19 Mei 2012

katalog produk di remas-pelan ( fay'Z snack N cookies)

semua produk dibuat berdasarkan pesanan,
semua produk kami bebas dari rhum baik berupa minuman atau essence
bahan2 yang dipakai insyallah sudah bersertifikasi halal

untuk konfirmasi harga dan cara pemesanan silahkan sms ke no.ini 082111080856


* KURMA COKLAT
(yang dibuat dari kurma tunisia dan coklat yang berkualitas,dan dengan isian kacang mede nan gurih yang dibalut coklat lezat )

*COOKIES
butter cookies original
butter cookies coklat
kastengel
sagu keju
lidah kucing original
lidah kucing keju
lidah kucing coklat
putri salju coklat
cheese button
choco chips cookies

* ANEKA BROWNIES
brokus pandan cheese brownies
brokus ketan item lapis pandan
brokus coklat pandan
coklat keju
brokus coklat

*CAKE
carrot cake
cake pisang coklat
death by coklat
black forest
cheese cake

* KLAPETART (dengan pilihan rasa orogonal dan keju )

*PUDING
puding sutra
puding busa jeruk

SNACK
kroket kentang
semar mendem
lemper
lemper goreng
american risol isi (telor,smooked beef,keju,mayo)
mini fruit pie
puding sutra cup
panekuk
sus buah
sus vla
kue negro
talam
pastel goreng
kue lapis singkong

Minggu, 13 Mei 2012

home made mie telur mentega

bikin mie ini uda sering banget cuma baru sempat posting sekarang
awalnya karena takut aja kalo beli dipasar liat warnanya yang gonjreng2 hiihi...dari apaan ya warnanya
apalagi kalo mo dikasih ke anak duh... mending ngeluarin tenaga dikit deh buat bikin daripada-daripada.
apalagi anakku kalo udah liat yang namanya mie udah mupeng aja xixixi, alhamdulillah sejauh ini dia selalu konsumsi mie buatanku.
resepnya pake resep ncc tapi bikin 1/2 resep aja dan aku tambahin sedikit mentega

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
200-250 gr  telur (kuning dan putihnya,tergantung kelembapan tepungnya )
1/2 sdm   garam
1 sdm mentega
  • Cara membuat:
    Aduk rata tepung dan garam,masukan mentega aduk2, tuangi telur, uleni hingga kalis. Lalu tipiskan dengan rolling pin, teruskan gilas dengan mesin pembuat mie hinga beberapa kali,sampai adonan halus.
  • Beri taburan tepung sagu, (kalo aku taburannya pake terigu )
    lalu gilas dengan pemotong bentuk mie.
  • Mie siap digunakan.

brownies kukus pandan

brownies kukus pandanini hasil ngintip resep dapur mb widiya andra brown,(ketauan deh kalo suka ngintip dapur tetangga )
tanpa modifikasi sama sekali,bener lembut dan yummy...
pake cetakan sakura cantik juga heheheee....


Bahan :

- telor 8 butir ( 6 utuh, 2 kuning saja )
- emulsifier 1 sdm
- gula pasir 300 gr
- susu kental manis 150 ml , plus aer 50 ml
- minyak sayur 200 ml
- tepung terigu 225 gr
- tepung maizena 25 gr
- pasta pandan secukupnya
- garam 1/4 sdt

cara :
1. kocok gula, elor,emulsifier , garam sampai kental
2. masukkan tepung terigu, tepung maizena , aduk rata, kemudian masukkan susu dan minyak bergantian, aduk rata, tambahkan pasta pandan
3. tuang ke loyang, kukus sampai matang, angkat...

Rabu, 09 Mei 2012

ayam kuluyuk

masak ini pertama kali pas awal2 nikah,(nostalgila lagi hehee),nyoba resep2 baru ceritanya.
resep nyontek dari tabloid saji ga tau lagi edisi berapa
menurutku mirip2 asam manis juga,enak deh pokoknya asem2 segar...
nah kalo yang mau nyoba ini resepnya

bahan
200 gr paha ayam fillet,potong kecil memanjang
2 siung bawang putih (aku selalu lebihin bawangnya biar lebih berasa )
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telurtoo
dikocok lepas untuk pencelup
minyak untuk menggoreng

bahan pelapis
100 gr terigu
20 gr maizena
1/4 sdt kaldu ayam bubuk (optional)
1/4 sdt merica bubuk

bahan saus
100 gr nanas potong kecil sesuai selera aja
1 buah timun buang bijinya iris korek api (aslinya tidak ada)
2 siung bawang putih cincang halus (aku biasa lebih dri 2 )
1/2 buah bawang bombay potong kotak
1 buah cabe merah besar buang bijinya iris tipis (aku males buang bijinya,kadang juga ga pake cabe )
100 gr saos tomat
1 sdt kecap manis
1/4 sdt kaldu bubuk (optional)
1/4 sdt garam
1,5 sdt gula pasir
300 ml air
1 sdm tepung sagu larutkan dengan sedikit air untuk pengental
1/2 sdt cuka masak
1/4 sdt minyak wijen
2 sdm minyak untuk menumis



cara membuat
1.lumuri ayam dengan bawang putih,garam dan merica bubuk.celupkan ketelur gulingkan dibahan pelapis .goreng sampai matang sisihkan

saus
panaskan minyaktumis bawang putih ,bawang bombay dan cabe merah sampai harum
tambahkan nanas dan timun aduk sebentar saja (klo masukinnya terakhir biar masih berasa krenyes2 ga lembek gitu ibu2 )
kecilkan api.

masukan saos tomat,kecap,kaldu,garam dan gula
aduk rata

tuang air didihkan.
masukan larutan tepung masak sampai meletup-letup
tambahkan cuka dan minyak wijen,aduk rata.

sajikan ayam dengan disiram sausnya


Selasa, 08 Mei 2012

belajar decor lagi

brokus ketan item lapis pandan mamah fayfay photo's 2012
ini buat oleh2 nengokin temen yang baru lahiran
brownies kukus ketan item lapis pandan
ehmm sedap...